Review Template EVOMAGZ dan VIOMAGZ

Pada kesempatan ini, saya akan mereview template blogger buatan Mas Sugeng, pemilik situs https://sugeng.id/. Saya sendiri mengikuti perjalanan Mas Sugeng dari mulai ngeblog di blogger hingga sudah di wordpress saat ini.

Sebelum bernama Sugeng.id, blog dari Mas Sugeng adalah www.mas-sugeng.com. Seingat saya, alasan Mas Sugeng mengganti domain dikarenakan domain dengan tanda hubung (-) jelek di mata Google, karena bisa dianggap situs spam, selain itu domain sugeng.id lebih mudah untuk diingat dan diketik.

Mas Sugeng juga merupakan spesialis pembuat template blogger sejak 2011. Dahulu Mas Sugeng juga memiliki situs untuk mempromosikan templatenya sendiri yaitu evotemplates.net. Saya sempat menggunakan salah satu template gratis buatan Mas Sugeng yaitu Ramai Blogger Template.

Review Template Mas Sugeng EVOMAGZ dan VIOMAGZ

Review saya di sini berdasarkan pengalaman pribadi, jadi saya sudah membeli kedua template tersebut, yaitu EVOMAGZ dan VIOMAGZ. EVOMAGZ saya beli di tahun 2015 dan VIOMAGZ saya beli di tahun 2019.

1. Review Template EVOMAGZ

EVOMAGZ awalnya merupakan template yang full color (warna-warni), entah update versi keberapa mulai lebih elegan lagi dengan hanya beberapa warna. Template ini pada zamannya sudah mempunyai fitur tampilan mobile (mobile-friendly).

Template EVOMAGZ ini juga pernah membawa salah satu blog saya pada masa kejayaannya, di mana saat itu (sekitar pertengahan tahun 2015) blog saya mencapai 30.000 pengunjung perhari dan saat itu saya mulai menghasilkan lebih banyak uang dari blog, walaupun saat itu saya belum memasang iklan AdSense dikarenakan saya belum cukup umur untuk mendaftar AdSense.

Menurut saya, kelebihan template ini adalah loading yang cepat (responsif), mudah dimodifikasi (customizable), penempatan iklan yang dioptimasi, SEO Optimized (terbukti dengan berjayanya blog saya saat itu) dan juga disertai tombol share postingan yang responsif.

Kekurangannya adalah ukuran thumbnail pada artikel kurang besar atau kurang sedikit ke bawah agar terlihat simetris dengan deskripsi artikel.

Review Template EVOMAGZ dan VIOMAGZ

Saya sendiri menggunakan template EVOMAGZ ini dari tahun 2015 – 2018 di mana pada akhirnya saya memutuskan untuk menjual blog pertama saya tersebut dikarenakan suatu hal. Untuk fitur dan kelebihan yang lain (klaim dari Mas Sugeng) bisa dilihat di Template EvoMagz.

Review Template EVOMAGZ dan VIOMAGZ

2. Review Template VIOMAGZ

Template VIOMAGZ ini saya gunakan pada tahun 2019 untuk blog kedua saya. Saya bersama blog tersebut juga tidak berlangsung lama, dikarenakan saya menjual blog tersebut pada tahun 2021 karena sudah tidak terurus.

Dari awal template VIOMAGZ keluar, template ini memiliki tampilan yang simpel tapi elegan. Selain itu, untuk loading jika diadu dengan EVOMAGZ, VIOMAGZ lah pemenangnya.

Kelebihan template VIOMAGZ ini menurut saya adalah optimasi tampilan seluler yang sangat user dan mobile friendly, dua jempol untuk Mas Sugeng. Fast loading, SEO Friendly? Sudah pasti. Selain itu template ini sangat cocok untuk orang yang menyukai tampilan simpel dan elegan seperti saya.

Tombol share postingannya juga responsif dan sangat mudah untuk dimodifikasi (customizable), apalagi diberikan panduan dari situs Mas Sugengnya. Untuk klaim kelebihan dan fitur lainnya (klaim Mas Sugeng) bisa dilihat di Template VioMagz.

Kekurangan template ini menurut saya sisi kanan dan kiri pada tampilan desktop terlihat sepi, design mobilenya lebih enak dilihat. Harganya juga lebih mahal dari template EVOMAGZ, jadi siap-siap mengeluarkan uang lebih untuk membeli template ini.

Review Template EVOMAGZ dan VIOMAGZ

Kesimpulan

Jadi lebih baik pilih yang mana? Menurut saya, jika Anda penyuka desain template yang simpel dan elegan, VIOMAGZ pilihannya. Bagi Anda yang menyukai tampilan sedikit lebih bermotif, EVOMAGZ pilihannya.

Review Template EVOMAGZ dan VIOMAGZ

Untuk kecepatan loading dari kedua template tersebut berbeda tipis, hanya 2 sampai 3 skor di pengujian speedtest. Kedua template tersebut juga sudah sama-sama dioptimasi oleh blogger berpengalaman, jadi Anda tidak perlu mengoprek banyak hal lagi. Anda tinggal membangun backlink dan artikel (konten) berkualitas untuk blog Anda.

Perlu diingat bahwa review di atas adalah review berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi bisa berbeda dengan apa yang dilihat atau dirasakan orang lain.

Sekian review template buatan Mas Sugeng. Kalian pilih EVOMAGZ atau VIOMAGZ? Saya sendiri memilih EVOMAGZ untuk blog pribadi saya di blogger, dikarenakan desain yang sesuai dengan selera saya.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Review Template EVOMAGZ dan VIOMAGZ"