Blog Ditolak AdSense? Ini Penyebabnya

Sebagai seorang blogger, tentunya kita akan lebih senang jika artikel dan blog yang kita bangun membuahkan hasil, baik hasil yang bermanfaat bagi orang lain dan penghasilan tambahan bagi penulis. Dengan adanya AdSense, blog yang kita kelola bisa menghasilkan uang.

Penyebab Blog Ditolak AdSense

AdSense merupakan program kerjasama dari Google yang melibatkan antara pemasang iklan, Google dan publisher (kita sebagai blogger/YouTuber). Dengan program kerjasama tersebut, iklan yang dipasang oleh pemasang iklan akan tampil di blog kita melalui Google AdSense yang sudah disesuaikan dengan minat dari pengunjung blog atau website kita.

Untuk blog kita diterima AdSense tidaklah mudah, kita wajib mengikuti dan mematuhi persyaratan yang diberikan Google AdSense. Hal pertama yang harus kita bangun adalah konten di blog kita, selain itu kita harus menyiapkan menu navigasi yang tepat untuk blog kita.

Untuk mendaftarkan blog ke AdSense memanglah mudah, yang susah bagi blog yang baru dibangun adalah agar blog kita diterima AdSense.

Saya sendiri melihat banyak keluhan di grup blogger di Facebook, mulai dari banyaknya orang yang meminta tips dan saran agar blog mereka diterima AdSense, hingga orang yang memutuskan pasrah karena blognya selalu ditolak AdSense.

Apakah Blog Wikuta.com Diterima AdSense?

Sangat mengecewakan, setelah menunggu sekitar satu minggu lebih, saya menerima email dari Google AdSense yang mengatakan “Anda harus memperbaiki beberapa masalah agar situs Anda siap menggunakan AdSense”.

Tentunya dengan surat cinta tersebut saya sedikit kecewa, dikarenakan saya sudah membangun blog ini sedemikian rupa dengan menggunakan semua pengalaman blogging yang saya miliki selama bertahun-tahun, mulai dari menulis artikel, menyunting template dan lainnya.

Padahal pada blog saya sebelumnya disaat saya mendaftar langsung diterima, padahal penulisan artikel saya masih lebih minim dari sekarang (walau sekarang masih belum mahir, tapi saat itu pokoknya lebih minim dari sekarang hahaha).

Alasan blog saya ditolak AdSense adalah dikarenakan blog saya ini dinilai masih dalam tahap pembuatan, padahal saya sudah menggunakan template yang sama dengan blog sebelumnya, jumlah artikel pun puluhan dan sudah dilengkapi dengan menu navigasi yang lengkap.

Tapi saya tidak akan menyerah di percobaan pertama ini. Saya akan menjadikan ini motivasi untuk membangun blog saya dan lebih giat menulis artikel yang berkualitas dan yang terpenting adalah artikel yang bermanfaat bagi para pembaca blog saya ini.

Alasan Umum Blog Ditolak AdSense

Adapun beberapa penyebab atau alasan umum yang membuat blog kita ditolak AdSense, seperti:

  1. Kualitas artikel rendah atau artikel hasil copy-paste.
  2. Blog AGC (Auto Generated Content).
  3. Blog masih dalam tahap pembangunan, artinya blog masih baru, di mana artikelnya masih sedikit dan belum dilengkapi menu navigasi dan template yang memadai. Untuk faktor template tidak begitu mempengaruhi, yang terpenting adalah konten dan lengkapi dengan menu navigasi.
  4. Konten yang disajikan melanggar ketentuan dari Google AdSense seperti konten berbau pornografi, software illegal dan sejenisnya.
  5. Jika Anda membeli domain bekas, pastikan domain tersebut tidak pernah terkena penalty dari Google.

Jika Blog Selalu Ditolak AdSense, Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk menghasilkan uang dari blog tidak harus dengan memasang iklan AdSense, AdSense hanyalah salah satunya. Kita bisa mencoba alternatif lain seperti MGID dan Adsterra. Di mana MGID dan Adsterra adalah yang paling direkomendasikan sebagai alternatif AdSense oleh para member grup blogger di Facebook.

Penutup

Bagi pejuang AdSense, tetap semangat! Dan bagi yang selalu ditolak AdSense atau bahkan blognya sudah terkena penalty, tidak ada salahnya Anda mencoba alternatif lain seperti MGID dan Adsterra tersebut.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Blog Ditolak AdSense? Ini Penyebabnya"