Cara Hapus Backlink Spam dengan Google Disavow

Sebagai salah satu penopang blog di mesin pencari, backlink tentunya menjadi hal yang penting. Ini dibuktikan dengan banyaknya penyedia jasa backlink, mulai dari backlink PBN, backlink profile dan berbagai jenis backlink lainnya.

Walau bukan faktor utama, tetapi backlink bisa menjadi pendukung blog yang begitu kuat dalam persaingan konten di mesin pencari. Anda bisa mencoba berbagai tool gratis yang tersebar di internet untuk mendapatkan backlink, salah satunya adalah Jawaraspeed.

Tidak semua backlink berdampak positif bagi blog atau website, ada juga backlink yang bisa memberikan dampak negatif dan meningkatkan SS (Spam Score) dari blog kita. Salah satunya adalah backlink dari situs spam/dari situs yang memiliki spam score tinggi.

Maka dari itu, saya akan membagikan cara untuk menghapus backlink dari situs spam tersebut. Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah pengertian backlink.

Apa itu Backlink?

Backlink adalah sebuah link aktif yang mengarah dari suatu situs ke situs lainnya. Sebagai contoh saya mempunyai blog www.wikuta.com, kemudian saya membuat artikel dan menyertakan link aktif ke situs www.situslainnya.com.

Maka situs www.situslainnya.com tersebut akan menerima backlink dari blog saya ini, kita juga bisa membuat backlink tersebut bersifat dofollow dan nofollow.

Backlink dofollow adalah backlink yang bernilai di mata mesin pencari, terutama mesin pencari Google. Sedangkan backlink nofollow adalah backlink yang bisa dikatakan sebagai pajangan saja.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kita sebaiknya mengincar backlink dofollow agar bisa menunjang blog kita di mesin pencari Google.

Apa itu Google Disavow?

Google Disavow adalah sebuah layanan yang diberikan oleh Google yang berfungsi untuk menolak link yang mengarah ke blog atau website. Singkatnya, layanan ini adalah layanan yang digunakan untuk menolak backlink yang mengarah ke blog atau website kita.

Tutorial Mengatasi Backlink Spam dengan Google Disavow

Berikut adalah langkah-langkah menolak backlink spam ke blog kita:

1. Siapkan daftar backlink/link spam yang mengarah ke website atau blog Anda.

# Dua halaman yang akan ditolak

http://spam.example.com/stuff/comments.html

http://spam.example.com/stuff/paid-links.html

# Satu domain yang akan ditolak

domain:shadyseo.com

Perbedaan halaman dan domain pada kasus ini adalah domain akan mencakup keseluruhan dari website termasuk halamannya, sedangkan halaman adalah bagian dari domain itu sendiri.

Jadi, jika Anda menolak backlink dari halaman, mana domainnya tidak akan ikut tertolak, kemungkinan ada halaman lain dari domain tersebut yang memberikan backlink ke situs kita.

Ganti tulisan berwarna biru dengan jumlah dari backlink yang akan kita hapus. Contohnya jika ada 3 backlink yang akan kita hapus, kita tulis “# Tiga halaman yang akan ditolak”

Sedangkan tulisan yang berwarna merah diganti dengan alamat backlink negatif yang mengarah ke situs kita.

2. Buka Notepad. Salin salah satu dari format penolakan halaman atau domain tersebut, lalu ganti URL tersebut dengan URL backlink spam yang mengarah ke situs Anda. Kemudian simpan filenya.

Mengatasi Backlink Spam dengan Google Disavow

3. Buka Google Disavow. Kemudian klik Pilih properti > Pilih properti URL dengan awalan https://www.bloganda.com/. Jika tidak ada, Anda pilih Tambahkan properti.

Mengatasi Backlink Spam dengan Google Disavow

4. Masukkan alamat blog Anda dengan awalan https://www.bloganda.com/ pada bagian Awalan URL. Kemudian klik LANJUTKAN. (lewati cara ini jika Anda sudah memiliki properti dengan awalan https).

Mengatasi Backlink Spam dengan Google Disavow

5. Jika properti sudah ditambahkan, kembali ke halaman Google Disavow dan pilih properti dengan awalan URL https tadi. Kemudian klik Upload daftar yang ditolak.

Mengatasi Backlink Spam dengan Google Disavow

6. Upload file .txt (dari Notepad) tadi.

Mengatasi Backlink Spam dengan Google Disavow

7. Selesai! Daftar backlink yang ditolak berhasil dikirim.

Mengatasi Backlink Spam dengan Google Disavow

Ada Masalah?

Biasanya masalah yang muncul adalah "Properti domain tidak didukung untuk saat ini". Solusi untuk masalah tersebut sudah saya jelaskan di atas, adalah dengan cara menambahkan properti baru dengan awalan https.

Cara Hapus Backlink Spam dengan Google Disavow

Penutup

Sekian tutorial menghapus backlink spam dengan Google Disavow. Ternyata tidak semua backlink berdampak positif bagi blog, ada juga backlink yang memberikan dampak negatif seperti membuat bertambahnya spam score pada blog kita.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Hapus Backlink Spam dengan Google Disavow"