Cara Riset Keyword Artikel Blog dengan Mudah

Untuk membuat konten atau artikel, tentunya kita harus melakukan riset keyword untuk bersaing di mesin pencari. Namun kebanyakan orang tidak bisa melakukannya, itulah sebabnya saya akan menulis artikel cara mudah riset keyword untuk artikel blog dan tentunya gratis.

Artikel ini akan membahas tutorial riset keyword berdasarkan pengalaman pribadi saya. Jadi tutorial ini murni dari hal yang pernah saya lakukan dan berpotensial mendatangkan banyak pengunjung.

Sebelum melakukan riset keyword (kata kunci), ada baiknya Anda memahami dulu sedikit pengertian tentang riset keyword ini.

Pengertian Riset Keyword

Riset keyword merupakan sebuah cara yang digunakan untuk menemukan kata kunci artikel atau konten yang bertujuan untuk mengetahui kata kunci apa yang paling sering dicari oleh para pengguna mesin pencari, utamanya pengguna mesin pencari Google.

Ketika kita melakukan riset keyword, kita bisa mengetahui kata kunci apa yang berpotensial mendatangkan pengunjung. Karena dengan kita melakukan riset keyword, kita mengetahui kata kunci apa saja yang banyak dicari oleh orang-orang di internet.

Jenis keyword terbagi menjadi dua, yaitu Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword. Ada juga keyword abadi seperti “cara membuat blablabla” atau keyword musiman seperti “jadwal pertandingan”. Setelah mengetahui pengertiannya, selanjutnya Anda harus memahami seberapa pentingnya riset keyword.

Mengapa Riset Keyword itu Penting?

Seberapa penting melakukan riset keyword? Riset keyword sangatlah penting untuk dilakukan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, riset keyword ini bertujuan untuk mengetahui apa yang orang-orang cari di mesin pencari Google.

Saat Anda mengetahui topik apa yang paling banyak dicari oleh orang-orang, saat itulah Anda bisa membuat artikel dengan keyword (kata kunci) yang paling banyak dicari tersebut. Dengan begitu, Anda berpotensi mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs atau blog Anda.

Jika Anda tidak melakukan riset keyword, maka Anda tidak akan mengetahui tingkat kesulitan dan tingkat pencarian pada keyword tersebut.

Sebagai contoh Anda bisa membuat artikel dengan judul sesuai kehendak Anda, setelah Anda cek di Google ternyata artikel tersebut berada di halaman pertama Google. Akan tetapi, apakah ada orang yang mencari dengan kata kunci tersebut?

Conton Anda membuat artikel dengan judul “cara riset keyword untuk artikel blog termudah untuk pemula dan gratis”. Apakah orang-orang akan mengetik sepanjang itu untuk sekadar mencari cara riset keyword?.

Pastinya orang akan mengetik kata kunci seperti ini di Google “cara riset keyword paling mudah” atau “cara riset keyword untuk artikel”.

Dengan demikian, kita harus mengoptimasi penggunaan judul dan isi dari artikel haruslah menyisipkan keyword (kata kunci) yang berkaitan dengan judul artikel. Hal tersebut dapat mendukung artikel untuk bersaing di mesin pencari.

Selanjutnya, Anda harus memahami tentang persaingan atau tingkat kesulitan suatu keyword (kata kunci) bersaing di mesin pencari Google.

Ketahui Persaingan Keyword

Anda harus mengetahui keyword mana saja yang akan sulit mendapatkan posisi halaman pertama di Google, contohnya saat Anda mencari berita, pasti yang muncul kebanyakan situs berita/media nasional.

Saat Anda mencari pakaian dengan kata kunci “kemeja murah”, pasti yang muncul situs marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee atau yang lainnya.

Maka dari itu, kita harus sadar diri dengan blog atau situs yang kita miliki. Mereka yang dengan kata kunci situs berita atau marketplace sudah merajai halaman utama Google, karena mereka sudah memiliki banyak backlink dan berbagai optimasi SEO lainnya.

Saran dari saya, carilah keyword dengan persaingan rendah dan jika Anda mempunyai jiwa bersaing dan percaya diri dengan optimasi SEO situs Anda, tidak ada salahnya mencoba untuk bersaing dengan situs-situs besar tersebut.

Cara Riset Keyword Artikel Blog Versi Saya

Berikut adalah cara saya melakukan riset keyword untuk artikel blog:

  • Buka mesin pencari Google. Kemudian ketik kata kunci yang berkaitan dengan ide artikel Anda. Sebagai contoh, di sini saya ingin membuat artikel “cara top up ShopeePay“.
Cara Riset Keyword Artikel Blog dengan Mudah
  • Kita lihat di atas bahwa muncul banyak kata kunci yang berkaitan dengan “cara top up ShopeePay”. Hal ini berarti kebanyakan orang mencari dengan kata kunci yang terlihat tersebut. Pilih salah satu dari kata kunci yang direkomendasikan.
Cara Riset Keyword Artikel Blog dengan Mudah
  • Setelah Anda memilih salah satunya, maka akan muncul banyak artikel yang berkaitan dengan hal tersebut. Buatlah artikel dengan kata kunci yang berisikan “cara top up ShopeePay lewat GoPay”, Anda juga bisa mengembangkannya, contohnya sebagai berikut:

cara top up ShopeePay lewat GoPay mudah

cara mudah top up ShopeePay lewat Gopay

Kita bisa mengembangkan dan mengoptimasi dengan memperbanyak penulisan kata kunci “cara top up ShopeePay” pada isi artikel.

Penutup

Sekian tutorial riset keyword paling mudah dan gratis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Jika optimasi SEO pada blog masih rendah, maka mau bagaimanapun kita mengulang-ulang keyword (kata kunci) pada judul dan isi artikel, tetaplah akan sulit bersaing di mesin pencari.

Untuk bersaing di mesin pencari, diperlukan artikel yang kata kuncinya tersusun rapi dari judul hingga penutup artikelnya. Selain itu, backlink dan optimasi SEO yang lain menjadi salah satu faktor pendukung blog kita untuk bersaing di mesin pencari.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Riset Keyword Artikel Blog dengan Mudah"