Cara Menghapus Broken Link pada Blog

Broken link adalah tautan (link) yang sudah tidak bisa diakses pada blog atau website. Hal tersebut bisa terjadi karena halaman dari tautan tersebut sudah dihapus atau diganti oleh pemiliknya.

Itulah sebab bisa terjadinya broken link pada suatu blog atau website. Dengan demikian, link rusak tersebut bisa berdampak negatif bagi blog kita, terutama pada domain dan search engine (mesin pencari).

Dampak dari Broken Link

Broken link bisa berdampak negatif bagi blog, terutama pada Spam Score domain, SERP (Search Engine Result Page) dan pengalaman pengguna. Berikut adalah penjelasannya.

1. Spam Score Meningkat

Dari beberapa studi kasus yang saya baca, banyaknya jumlah broken link pada blog membuat Spam Score dari Moz meningkat. Memang Moz bukanlah acuan untuk bersaing di mesin pencari, akan tetapi bisa kita jadikan referensi sehat atau tidaknya suatu blog.

2. Berpengaruh pada SERP

Dampak selanjutnya dari broken link adalah dapat mempengaruhi ranking blog Anda di SERP (Search Engine Result Page). Broken link dapat mempengaruhi website karena dapat mempengaruhi perankingan di mesin pencari.

Tautan yang berkualitas bisa menjadi salah satu acuan bagi mesin pencari untuk menilai suatu website. Maka dari itu, ketika kita menautkan link rusak, tentunya dapat menjadi bumerang bagi website atau blog kita sendiri.

3. Pengalaman Pengguna

Jika link yang dikunjungi oleh pengguna internet adalah link rusak, kemungkinan besar pengguna tersebut tidak akan mengunjungi situs yang terdapat link rusak tersebut. Mereka pasti akan memilih referensi yang lain.

Setelah mengetahui dampak dari broken link, berikut adalah cara mengetahui adanya broken link pada blog atau website.

Cara Mengetahui Broken Link pada Blog

Untuk mengetahui adanya broken link atau link rusak pada blog, kita tinggal mengeceknya pada Google Search Console.

Cara Menghapus Broken Link pada Blog
  • Klik pada kolom Kesalahan.
Cara Menghapus Broken Link pada Blog
  • Terakhir, kita tinggal cek URL mana saja yang rusak atau tidak bisa diakses. Jika jumlah URL-nya banyak, Anda klik tombol Ekspor untuk mengunduh list URL yang rusak tersebut.
Cara Menghapus Broken Link pada Blog

Tutorial Menghapus Broken Link pada Blog

Untuk mengatasi broken link pada blog adalah dengan menghapus link rusak tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus broken link pada website atau blog.

Cara Menghapus Broken Link pada Blog
  • Masukkan link URL yang tidak dapat diakses atau rusak, kemudian klik BERIKUTNYA.
Cara Menghapus Broken Link pada Blog
  • Terakhir, kita klik KIRIM PERMINTAAN.
Cara Menghapus Broken Link pada Blog

Penutup

Sekian tutorial mengatasi broken link pada blog atau website. Jika blog Anda terdapat banyak link rusak, sebaiknya segera dihapus dari crawl dan indeks search engine (mesin pencari), terutama mesin pencari Google.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Broken Link pada Blog"