Cara Mendapatkan Domain Gratis (TLD .com/.id/.net/dll)

Membuat suatu website atau blog, tentunya kita memerlukan sebuah domain. Beberapa platform seperti Blogger.com dan WordPress.com memberikan domain dan hosting gratis untuk penggunanya, akan tetapi domain gratis tersebut haruslah berisi nama dari platform tersebut.

www.aguskusuma.blogspot.com

www.aguskusuma.wordpress.com

Di atas adalah contoh domain gratis saat kita menggunakan platform Blogger.com ataupun WordPress.com.

Untuk menggunakan domain TLD, apalagi Top Level Domain seperti .com, biasanya kita harus mengeluarkan uang sampai ratusan ribu. Maka dari itu saya akan membagikan cara untuk mendapatkan domain gratis dengan mudah.

Sebelum masuk ke cara mendapatkan domain gratis, sebaiknya Anda mengenal tentang domain terlebih dahulu.

Apa itu Domain?

Domain merupakan nama unik yang diberikan untuk suatu website atau blog yang diakhiri dengan ekstensi (.com/.org/.co.id/.my.id/dll) yang dapat Anda ketikan pada kolom browser. Singkatnya, domain ini adalah alamat untuk suatu rumah (website) di dunia maya.

Untuk mendapatkan Top Level Domain, umumnya kita harus membelinya dari penyedia jasa hosting dan domain seperti Niagahoster, IDCloudHost, Namecheap dan lainnya. Untuk harganya bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

Setelah mengetahui pengertian singkat tentang domain, sekarang kita masuk ke cara mendapatkan domain gratis dengan mudah.

Tutorial Mendapatkan Domain Gratis

Ada dua cara untuk mendapatkan domain gratis, yaitu dengan mengikuti giveaway dari Niagahoster dan IDCloudHost. Berikut adalah langkah-langkah mendapatkan domain gratis dengan mengikuti giveaway di Niagahoster/IDCloudHost.

1. Domain Gratis dari Niagahoster

Untuk mendapatkan , Anda harus mengikuti giveaway dengan syarat yang sangat mudah.

  • Kunjungi halaman domain gratis di Niagahoster. Kemudian klik SAYA MAU DOMAIN GRATIS.
Domain Gratis dari Niagahoster
  • Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah untuk mendapatkan domain gratis dari Niagahoster, seperti Like dan Share ke Facebook, juga Subscribe Channel YouTube dari Niagahoster. Jika sudah, klik SELANJUTNYA.
Domain Gratis dari Niagahoster
  • Pilih nama domain dan jangan lupa cek ketersediaan domain tersebut. Jika sudah, klik SELANJUTNYA.
Domain Gratis dari Niagahoster
  • Isi data diri dengan benar. Kemudian klik DAPATKAN DOMAIN GRATIS.
Domain Gratis dari Niagahoster

Selesai! Anda tinggal menunggu email dari Niagahoster, apakah Anda memenangkan giveaway domain gratis ini atau tidak.

2. Domain Gratis dari IDCloudHost

Sama seperti Niagahoster, IDCloudHost juga mengadakan giveaway domain (.com/.my.id), saya rekomendasikan memilih domain .my.id dikarenakan peluang untuk mendapatkan domain gratis lebih besar.

  • Pastikan Anda sudah memiliki akun IDCloudHost.
  • Kunjungi halaman domain gratis di IDCloudHost.
  • Ikuti IDCloudHost di Instagram dan Telegram, kemudian isi data yang diperlukan. Jika sudah, klik DAFTAR.
Domain Gratis dari IDCloudHost
  • Selesai! Kita tinggal menunggu email dari IDCloudHost, apakah kita akan mendapatkan giveaway domain gratis atau tidak.
Domain Gratis dari IDCloudHost

Bukti Mendapatkan Domain Gratis

Saya sendiri memenangkan domain .com yang saya contohkan pada tutorial ini. Syarat untuk mengambil giveaway domain gratis ini tidaklah sulit, kita hanya perlu mengisi data diri seperti saat membeli domain TLD pada umumnya (kecuali Anda menang giveaway domain khusus).

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Selain menang giveaway, saya juga mendapatkan link untuk download e-book “13 Cara Cerdas Menggunakan Domain” yang bisa Anda download via MediaFire atau Google Drive.

Penutup

Sekian cara mendapatkan domain gratis dari Niagahoster dan IDCloudHost. Nama domain nantinya bisa kita gunakan untuk melakukan branding dan membangun website yang kita buat. Selain itu, dengan menggunakan Top Level Domain membuat website kita lebih profesional dan lebih terpercaya.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Domain Gratis (TLD .com/.id/.net/dll)"