Cara Komplain Gangguan WiFi IndiHome

Cara Komplain Gangguan WiFi IndiHome

Beberapa hari yang lalu, WiFi IndiHome saya indikator (lampu) LOS-nya menyala. Maka dari itu, saya melakukan komplain gangguan WiFi IndiHome ke customer service untuk mencari solusi dan penyebab dari gangguan tersebut.

Awalnya, saya sedikit kesal dikarenakan komplain gangguan WiFi IndiHome saya ini dibalas oleh bot chat, walau kemudian di arahkan ke customer service dan jawabannya yang saya dapat ternyata kurang memuaskan juga.

Akhirnya saya putuskan untuk mencoba melakukan komplain di aplikasi myIndiHome, yang mana aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang dibuat oleh Telkom untuk pengguna smartphone seperti Android. Berikut adalah cara melakukan komplain gangguan WiFi IndiHome.

Solusi Gangguan WiFi IndiHome

Saat lampu LOS (indikator LOS) pada modem menyala, sebaiknya jangan terburu-buru melakukan komplain. Biasanya pihak IndiHome akan menyarankan beberapa solusi, yaitu:

  1. Restart modem.
  2. Mematikan modem sementara lalu menghidupkannya lagi.
  3. Mengecek kabel, apakah sudah terpasang dengan baik atau belum.

Jika dari beberapa solusi di atas tetap saja WiFi tidak bisa digunakan (lampu LOS menyala), maka selanjutnya kita bisa melakukan komplain, baik dari aplikasi myIndiHome atau langsung ke Plasa Telkom.

Komplain Gangguan WiFi IndiHome di Aplikasi myIndihome

Untuk melakukan komplain di aplikasi myIndiHome, tentunya Anda harus meng-install aplikasi myIndiHome di perangkat Anda. Berikut langkah-langkah install aplikasi myIndihome:

  1. Download aplikasi myIndiHome di perangkat Anda, baik melalui Google Play Store atau Apple Store.
  2. Setelah itu, daftarkan perangkat IndiHome Anda atau login jika sudah memiliki akun.
  3. Pergi ke menu Bantuan dan pilih “Telepon, Internet dan IndiHome TV tidak dapat berfungsi“.
  4. Pilih “Tidak, saya mau melaporkan hal ini“.
  5. Tulis keterangan singkat tentang kendala yang dialami dan jelaskan bahwa Anda sudah melakukan restart modem dan berbagai solusi yang disarankan, namun tetap saja lampu LOS pada modem menyala.
  6. Selesai, selanjutnya tinggal menunggu teknisi IndiHome menghubungi kita.

Komplain Gangguan WiFi IndiHome di Aplikasi myIndihome

Berapa Lama Komplain Kita Ditanggapi?

Setelah saya melakukan komplain pada tanggal 30 September 2022, jadwal perbaikan atau kedatangan teknisi langsung muncul di aplikasi myIndiHome tersebut. Dari kasus saya, di mana saya komplain pada waktu sore menjelang malam di tanggal 30 September 2022, keesokan harinya sudah mendapatkan jadwal kedatangan teknisi IndiHome ke rumah.

Berapa Lama Komplain Kita Ditanggapi?

Tidak saya sangka pelayanan yang begitu cepat dan praktis dari aplikasi myIndiHome ini, jadi saya tidak perlu repot untuk melakukan komplain ke Plasa Telkom lagi. Teknisi yang ditugaskan tersebut menghubungi saya via telepon, yang di mana ia melakukan konfirmasi apakah benar WiFi IndiHome saya bermasalah.

Berapa Lama Komplain Kita Ditanggapi?

Review Pelayanan dari IndiHome

Dari pengalaman saya menggunakan WiFi IndiHome sejak tahun 2017, saya merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Ini bukan kali pertama WiFi IndiHome saya mengalami gangguan, akan tetapi yang kedua semenjak saya berlangganan.

Awalnya, saya harus meluangkan waktu untuk melakukan komplain terkait gangguan pada WiFi IndiHome di Plasa Telkom. Akan tetapi, semenjak adanya aplikasi myIndiHome ini, saya tidak perlu lagi repot untuk meluangkan waktu dan pergi ke Plasa Telkom untuk melakukan komplain.

Review Pelayanan dari IndiHome

Komplain Gangguan WiFi IndiHome Tidak Ditanggapi?

Jika komplain gangguan WiFi IndiHome Anda tidak ditanggapi di aplikasi myIndiHome atau customer service online IndiHome, solusi berikutnya adalah dengan mengunjungi Plasa Telkom dan menjelaskan gangguan yang dialami pada layanan IndiHome Anda.

Dari pengalaman saya, pihak Telkom ditempat saya menjadwalkan paling lambat untuk penanganan komplain gangguan adalah tiga hari setelah laporan komplain diterima (untuk kasus saya).

Mungkin cepat atau lambatnya penanganan tergantung seberapa krodit perbaikan di berbagai tempat yang dilakukan oleh teknisi Telkom tersebut. Mengingat jumlah teknisi yang dimiliki juga terbatas dan tempat yang dicakup juga cukup luas.

Apa Penyebab Modem WiFi IndiHome LOS?

Penyebab modem IndiHome LOS dari dua kasus yang sudah saya lalui adalah kabel putus. Iya, kabel putus menjadi penyebab indikator atau lampu LOS pada modem IndiHome berkedip berwarna merah. Kabel yang putus bukanlah kabel yang mengarah ke rumah saya, melainkan kabel yang terhubung dari tiang satu ke tiang satunya lagi yang berada di depan rumah saya.

Penutup

Sekian tutorial komplain gangguan WiFi IndiHome beserta sedikit review tentang pelayanan dari IndiHome ini. Perlu digaris bawahi, artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya. Apabila ada perbedaan pelayanan yang diberikan, apakah itu lebih baik atau lebih buruk, itu tergantung dari Telkom yang berada di daerah Anda.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Komplain Gangguan WiFi IndiHome"