Blog Baru Sudah Memiliki Sitelink? Bagaimana Caranya?

Blog baru sudah memiliki sitelink? Setelah memenangkan giveaway domain gratis dari Niagahoster bulan lalu, saya memutuskan untuk membuat blog yang berisikan informasi atau seputar kota Tabanan, yakni www.tabananku.com.

Siapa sangka blog yang berusia kurang dari satu bulan sudah mendapatkan sitelink dari Google. Yang membuat saya sedikit heran, apasih penyebab blog tersebut dibuatkan sitelink oleh Google? Padahal blog saya usianya lebih tua saja belum memilikinya.

Pengertian Sitelink

Sitelink adalah sebuah sub-page yang berada di bawah alamat website kita saat melakukan pencarian di Google. Sitelink ini juga bisa dikatakan halaman populer atau yang paling banyak dicari pada suatu website.

Cara Blog www.tabananku.com Mendapatkan Sitelink

Untuk mendapatkan sitelink, saya sendiri belum mengetahui dengan jelas bagaimana cara kerja mesin pencari Google hingga memberikan blog sebuah sitelink. Akan tetapi, dari berbagai sumber yang saya baca di Google, rata-rata menyebutkan seperti berikut:

  1. Membuat nama website yang unik.
  2. Menggunakan data SEO yang terstruktur.
  3. Struktur navigasi website harus jelas.
  4. Submit sitemap ke Google.
  5. Memasang internal link di artikel.

Nah, semua cara di atas sudah saya lakukan dan optimasi di salah satu blog saya yang usianya lebih tua, akan tetapi blog tersebutbelum juga memiliki sitelink.

Padahal blog www.tabananku.com tersebut tidak saya optimasi apapun, hanya menggunakan template premium buatan Mas Sugeng, yaitu EvoMagz.

Selain itu, artikel di blog Tabananku tersebut kebanyakan adalah hasil repost dari berbagai media di seputar kota Tabanan. Berbeda dengan blog saya yang usianya lebih tua, yang saya rawat sepenuh hati, mulai dari menulis artikel hingga optimasinya saya lakukan semaksimal yang saya bisa.

Blog Baru Sudah Memiliki Sitelink? Bagaimana Caranya?

Manfaat Memiliki Sitelink

Adapun manfaat atau efek yang saya rangkum setelah setelah situs kita mendapatkan sitelink dari Google adalah:

  1. Menambah kepercayaan pengunjung.
  2. Meningkatkan CTR (Click Through Rates).
  3. Meningkatkan performa internal linking.
  4. Mempermudah pengunjung dalam menemukan halaman terpopuler pada situs kita.

Cara Pasti untuk Mendapatkan Sitelink

Tidak ada cara pastinya saya belum melakukan riset lebih dalam tentang sitelink Google ini. Akan tetapi, dari pengalaman saya ngeblog, untuk mendapatkan sitelink caranya cukup rutin melakukan update artikel dan menggunakan template/theme yang sudah dioptimasi (SEO friendly).

Penutup

Itulah sedikit cerita tentang blog baru yang sudah memiliki sitelink. Mungkin Anda ingin menambahkan tentang cara mendapatkan sitelink, bisa tinggalkan komentar di bawah yaa. Terima kasih.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Blog Baru Sudah Memiliki Sitelink? Bagaimana Caranya?"