Unboxing Kingston Exodia dan Onyx 64 GB

Membeli flash disk Kingston Exodia dan Onyx 64 GB hanya untuk dijadikan bootable Windows dan Linux? Sebenarnya saya ingin membeli dua buah flash disk/flash drive dengan size 4 GB/8 GB untuk dijadikan tempat penyimpanan file dokumen dan satunya lagi dijadikan bootable sistem operasi.

Akan tetapi, sekarang tidak ada toko official yang menjual flash disk ukuran 4 GB/8 GB, kebanyakan menjual mulai dari 16 GB. Tentunya sisa penyimpanan tersebut menjadi mubazir, karena ukuran bootable sistem operasi biasanya hanya 2 sampai 6 GB.

Trauma Membeli Flash Disk 2 GB KW

Jauh hari sebelum rencana membuat bootable USB, saya pernah membeli flash disk 2 GB seharga Rp20.000 dengan merk Toshiba. Awalnya saya pikir flash disk tersebut asli, walau KW/palsu setidaknya masih bisa digunakan untuk menyimpan dokumen (pikir saya saat itu).

Beli Flash Disk Kingston Exodia dan Onyx 64 GB di Tokopedia

Ternyata setelah saya isi setengah dari ukuran flash disk tersebut, hal yang tidak diinginkan terjadi. Flash disk tersebut langsung tidak terbaca dan tidak bisa di-format. Nah, maka dari itu saya tidak berani membeli flash disk di luar toko official/resminya.

Dari yang awalnya ingin membeli flash disk 4/8 GB, menjadi 64 GB dikarenakan harganya yang berbeda tipis dengan 16 atau 32 GB (mumpung promo).

Saya membeli Flash Drive Kingston DataTraveler Exodia 64 GB seharga Rp75.000 dan Flash Drive Kingston Exodia Onyx 64 GB seharga Rp79.500.

Packingnya rapi, dibungkus menggunakan kardus kecil, lalu dibalut dengan bubble wrap yang cukup tebal, membuat kemasan flash disk menjadi tidak ada lecet sedikit pun.

Perbedaan Exodia dan Onyx 64 GB

Untuk size penyimpanan yang dapat digunakan dan kecepatan transfer data, kedua flash disk ini tidak memiliki perbedaan. Yang membedakan hanyalah harga dan bentuknya. Flash disk Kingston Exodia memiliki harga yang sedikit lebih murah dibandingkan Kingston Exodia Onyx.

Unboxing Kingston Exodia dan Onyx 64 GB
Kingston Exodia 64 GB
Unboxing Kingston Exodia dan Onyx 64 GB
Kigston Exodia Onyx 64 GB

Kedua flash disk tersebut sama-sama memiliki Capacity 57.6 GB, File system exFAT dan NTFS, Allocation unit size (default) 128 kilobytes dan Volume label (default) KINGSTON.

Unboxing Kingston Exodia dan Onyx 64 GB

Penutup

Kingston menjadi salah satu brand flash disk yang saya percayai, garansi yang diberikan pun sampai 5 tahun untuk kedua flash disk ini. Bagi yang ingin menonton video unboxingnya, silakan cek di atas yaa! Terima kasih.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Unboxing Kingston Exodia dan Onyx 64 GB"