Tips Agar Blog Diterima AdSense

Diterima Google AdSense adalah salah satu impian kebanyakan blogger. Jika blog kita diterima AdSense, artinya blog kita sudah siap untuk menghasilkan uang. Tentunya dengan menghasilkan uang dari blog, kita menjadi lebih bersemangat untuk ngeblog.

Blog wikuta.com ini belum genap berumur 1 bulan sudah diterima AdSense, bagaimana tips dan triknya? Apakah artikel harus menggunakan template premium? Ataukah jumlah kata dalam artikel harus ribuan?

Saya sendiri sedikit terkejut saat menerima surat cinta dari Google. Seperti yang saya jelaskan di atas, blog wikuta.com ini belum genap berumur 1 bulan sudah terima AdSense. Jika blog kita diterima AdSense, Google akan memberikan surat cinta melalui Gmail.

Tips Agar Blog Diterima AdSense

Isi dari pesan tersebut adalah kurang lebih “Kabar baik! Situs Anda, “wikuta.com”, kini siap menampilkan iklan AdSense“.

Tips Agar Blog Diterima AdSense

Cara Agar Blog Diterima AdSense

Perlu diingat, tips ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi saya. Berikut adalah tips agar blog kita diterima AdSense versi penulis.

1. Membaca Kebijakan Program AdSense

Pertama, Anda wajib membaca Kebijakan Program AdSense. Dengan membaca kebijakan program AdSense tersebut, Anda dapat mengetahui apa saja hal terlarang yang dapat membuat blog kita ditolak AdSense.

2. Buat Artikel Orisinil

Buatlah artikel yang orisinil, dalam artian artikel yang bukan copy-paste. Saya mengetahui betul untuk menemukan ide menulis artikel tidaklah mudah. Tapi saya akan membagikan agar kita bisa rutin menulis dan menemukan ide meneluis

Caranya adalah dengan menulis apa yang kita lakukan. Misalkan saat ini saya sedang mengganti template blog, tidak ada salahnya kita membuat artikel dengan judul “cara mengganti template blog di blogger”.

3. Rutin Update Artikel

Selain membuat artikel yang orisinil, kita juga harus rutin update artikel di blog. Dari awal blog ini dibuat pada tanggal 23 April 2022 hingga artikel ini dibuat pada tanggal 17 Mei 2022, saya sudah membuat 66 artikel.

Saran dari saya agar rutin menemukan ide menulis, kita harus menulis apa yang kita lakukan pada hari itu. Kalian bisa melihat artikel blog ini dari awal, saya menulis tentang kegiatan yang saya lakukan pada hari itu.

Mulai dari awal saya membuat blog, saya menulis tentang cara membuat blog gratis di Blogger hingga artikel ini dibuat.

4. Lengkapi Blog dengan Menu Navigasi

Lengkapi blog dengan menu navigasi, seperti halaman kontak, disclaimer, privacy policy, terms & conditions, tentang blog kita (about me/us) dan daftar isi (sitemap). Untuk caranya, saya sudah membuat link aktif pada masing-masing menu navigasi di atas, Anda tinggal mengklik link tersebut.

5. Gunakan Template Blog yang Responsif

Pastikan blog Anda menggunakan template blog yang SEO Friendly dan responsif. Dari pengalaman saya dan sumber-sumber yang saya baca, dengan menggunakan template yang responsif dan fast loading berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya blog kita pada Google AdSense.

Template yang SEO Friendly, responsif dan fast loading umumnya sudah memiliki tampilan yang ramah pengunjung dan penempatan iklan yang tidak berantakan.

6. Jumlah Kata Artikel Blog ini Bagaimana?

Sampai saat artikel ini dibuat, jumlah kata pada setiap artikel di blog ini rata-rata 200 sampai 400 kata, namun ada juga yang lebih. Selanjutnya saya juga akan membuat artikel yang panjang dan lebih kompleks agar blog bisa bersaing di mesin pencari untuk mengoptimalkan pendapatan dari AdSense.

7. Trafik Blog Apakah Berpengaruh?

Trafik blog ini bagaimana? Rata-rata pengunjung sampai saat artikel ini dibuat adalah 60-100. Jadi, trafik tidaklah berpengaruh signifikan. Tapi dengan trafik seperti itu, penghasilan AdSense pastinya di bawah Rp1.000 perhari. Maka dari itu kita harus meningkatkan trafik blog kita.

8. Jumlah Artikel

Artikel blog juga harus mendukung. Sebelumnya blog wikuta.com ini sempat ditolak dikarenakan jumlah artikel yang sedikit dan tanpa menu navigasi. Anda bisa membaca pengalaman blog wikuta.com yang ditolak AdSense di Blog Ditolak AdSense?. Untuk jumlah pasti artikelnya saya kurang megnetahuinya.

Intinya, agar blog kita diterima AdSense kita harus mematuhi pedoman atau kebijakan dari AdSense. Setelah kita mematuhi kebijakan tersebut, pastikan kita membuat tampilan blog kita (template) menjadi user friendly, SEO Friendly dan responsif.

Jika syarat tersebut sudah dipenuhi, kita tinggal fokus untuk membangun konten (artikel) blog yang bermanfaat bagi pengunjung, dengan syarat artikel tersebut haruslah orisinil atau bukan hasil copy-paste.

Setelah Blog Diterima AdSense

Setelah blog wikuta.com diterima AdSense, saya langsung memasang script iklan AdSense di blog wikuta.com. Tapi, hal pertama yang harus saya lakukan adalah memperbaiki ads.txt blog wikuta.com ini.

Jika Anda blog Anda mengalami kendala yang sama setelah diterima AdSense, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman Google AdSense, kemudian login.
  • Nanti akan muncul notifikasi “Penghasilan Anda berisiko – Anda perlu memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.“, lalu klik Perbaiki sekarang. Jika sudah, klik Download.
Setelah Blog Diterima AdSense
  • Copy kode pada Ads.txt yang didownload tadi, kemudian kita buka dasbor blogger dan kita pergi menuju menu Setelan. Klik Aktifkan Ads.txt kustom, lalu kita pastekan kode yang kita copy dari Ads.txt yang didownload tadi.
Setelah Blog Diterima AdSense
  • Sekarang kita pergi lagi ke halaman AdSense dan klik menu Iklan > Ringkasan > Menurut unit iklan > klik jenis iklan yang ingin Anda tampilkan di blog Anda.
Setelah Blog Diterima AdSense
  • Klik Buat.
Setelah Blog Diterima AdSense
  • Salin kode/script iklan yang ditampilkan.
Setelah Blog Diterima AdSense
  • Pergi ke dasbor blogger dan pilih menu Tata Letak. Klik TAMBAHKAN GADGET > HTML/JavaScript. Paste kode/script iklan AdSense dan klik SIMPAN.
Setelah Blog Diterima AdSense
  • Selesai! Iklan berhasil ditampilkan di blog.
Setelah Blog Diterima AdSense

Penutup

Dengan adanya notifikasi pada Ads.txt tersebut, kita belum dapat untuk memasang iklan otomatis. Jadi sambil menunggu penyesuaian setelah kita memperbaiki Ads.txt tersebut, kita bisa memasang iklan AdSense manual terlebih dahulu.

Bagi yang masih berjuang agar blognya diterima AdSense, semoga blognya segera bisa diterima dan menayangkan iklan AdSense. Selamat berjuang para pejuang AdSense!

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Blog Diterima AdSense"