Review GTX 650 untuk Main Game dan Editing

Review GTX 650 untuk Main Game dan Editing

VGA merupakan komponen penting untuk bermain game ataupun editing. Tanpa adanya VGA, membuat kerja prosesor menjadi lebih berat dalam me-render suatu gambar atau efek-efek tertentu saat kita melakukan editing.

Salah satu VGA yang bisa saya katakan masih worth it sampai saat ini adalah GTX 650 dari NVIDIA. Sejak kemunculannya di tanggal 6 September 2012 lalu, VGA ini sudah berumur hampir 10 tahun di tahun 2022 ini, akan tetapi performanya masih bisa kita harapkan untuk memainkan game–game kompetitif yang populer dan beberapa game berat lainnya.

Pengalaman Menggunakan GTX 650

Awalnya saya ingin membeli GTX 1060, akan tetapi paman saya menyarankan untuk membeli GTX 650 saja, karena kebutuhannya hanya untuk bermain Dota 2, yang mana itu sudah lebih dari cukup.

Setelah merakit komputer, ternyata yang saya mainkan tidaklah Dota 2 saja, akan tetapi ada beberapa game populer di warnet pada masanya, seperti Point Blank, Lost Saga, Counter Strike, Ayodance, Atlantica Online dan beberapa game online kekinian pada masa kini, seperti Valorant dan Apex Legend semua dilibas oleh VGA GTX 650 ini.

Berikut adalah spesifikasi yang saya gunakan:

  • Motherboard: Gigabyte Aorus B360 Gaming 3.
  • Processor: Intel Core i5 9400F.
  • RAM: 16 GB.
  • Storage: SSD WD Green 240 GB & Toshiba 2 TB 7200 RPM.
  • VGA: GTX 650 1 GB.

Dengan spesifikasi seperti di atas, saya sebenarnya sudah cukup puas menyandingkannya dengan VGA GTX 650 ini. Akan tetapi, apadaya di tanggal 5 Juli 2022 lalu, VGA GTX 650 yang saya gunakan ini tiba-tiba rusak saat saya mengetik di Google Document (menjadi artefak).

Memang layar komputer tetap mau tampil, tapi saya tidak bisa menggunakannya untuk bermain game, editing ataupun hal-hal yang berkaitan dengan kerja VGA yang lebih dominan.

Pendapat Saya Tentang VGA GTX 650

Bagi Anda yang akan merakit komputer dengan budget minim, tidak ada salahnya melirik VGA yang satu ini. GTX 650 sangat saya rekomendasikan untuk Anda, karena saya sendiri merasa sangat puas menggunakan VGA tersebut.

Apalagi hanya digunakan untuk bermain game warnet yang populer di masa lalu, seperti Point Blank, Lost Saga, Dragon Nest, Dota 2, Counter Strike, VGA ini sudah sangat playable.

VGA GTX 650 Bisa Apa?

VGA GTX 650 ini bisa apa aja sih di tahun sekarang? Berikut akan saya ulas berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan GTX 650 ini.

1. Main Game

Main game seperti Dota 2, GTA V dan game online kompetitif lainnya dengan settingan rata kiri atau rata tengah di 1080p sangat playable, apalagi di 720p. Akan tetapi, jika kebutuhan teman-teman untuk memainkan game offline yang memang membutuhkan kartu grafis yang sangar, saya tidak merekomendasikannya.

Terakhir game offline yang pernah saya mainkan menggunakan VGA GTX 650 ini adalah Devil May Cry 5 dan tentunya masih bisa ngangkat di atas 30 FPS dengan settingan rata kiri di 1080p.

Untuk main game di emulator Android juga sangat playable, contoh beberapa game yang pernah saya mainkan adalah Ragnarok X: Next Generation, Free Fire, Mobile Legends, Call of Duty: Mobile.

2. Editing

Untuk melakukan editing ringan di Adobe Premiere Pro, masih bisa saya rekomendasikan. Seperti editing dengan efek yang minim dan di 1080p, masih bisa ditoleransi dan sangat jarang sekali terjadi patah-patah saat memutar video di Premiere.

Perlu teman-teman ketahui, saya menggunakan Adobe Premiere Pro 2021 dan GTX 650 ini kecepatan render-nya masih bisa saya adu dengan laptop yang menggunakan Core i7 yang dikombinasikan dengan GTX 1650.

Editing foto di Adobe Photoshop juga masih lancar di Adobe Photoshop 2020. Akan tetapi, untuk editing di Adobe After Effect di atas tahun 2015, GTX 650 ini sangat kewelahan.

3. Streaming atau Recording

Untuk streaming atau recording di OBS, VGA ini masih bisa saya katakan lancar di 720p. Akan tetapi, di 1080p pada game seperti Dota 2, Point Blank dan beberapa game yang saya sebutkan di atas itu hasilnya akan sedikit patah-patah, tergantung juga dengan game yang teman-teman mainkan. Apabila game-nya tergolong ringan, saya yakin untuk recording atau streaming akan lancar.

Apa yang Terjadi dengan GTX 650 Saya?

Setelah rusak, GTX 650 tersebut saya museumkan. Saya ganti dengan VGA GTX 1650 dari Colorful, mengingat harga VGA kini sudah mulai turun dan mungkin akan turun lagi atau akan naik lagi hehehe.

Penutup

Sekian pengalaman menggunakan VGA NVIDIA Zotac GTX 650. VGA ini bisa menjadi VGA low-end yang bisa melibas game online kompetitif yang populer saat ini. Terakhir saat saya melihat marketplace, harga GTX 650 ini bisa teman-teman dapatkan mulai dari Rp400.000 di Shopee.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Review GTX 650 untuk Main Game dan Editing"