Pengalaman Klaim Garansi VGA di WPG Indonesia

Pengalaman Klaim Garansi VGA di WPG Indonesia

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan pengalaman saya klaim garansi VGA di WPG Indonesia. Barang elektronik tidak dapat diketahui kapan rusaknya, apalagi untuk produk cacat produksi (reject), kemungkinan besar, produk tersebut lebih cepat rusak padahal dengan pemakaian yang normal.

Pertengahan tahun 2022 lalu, saya membeli sebuah VGA dari salah satu toko komputer ternama di Bali. Saya membeli VGA Colorful GTX 1650 melalui Tokopedia dengan metode pengiriman instan (menggunakan GoJek).

GTX 1650

Pertama kalinya saya membeli sebuah barang elektronik yang tidak bertahan lama, hanya bertahan beberapa bulan. Apalagi ini sebuah VGA yang saat itu harganya saya beli di angka 2,8 juta.

Sedikit Cerita Sebelum Klaim Garansi

Singkat cerita, pada akhir tahun 2022 VGA tersebut rusak (artefak), padahal saya hanya menggunakannya untuk bermain Dota 2 dan editing ringan di Adobe Premiere Pro. Akhirnya saya putuskan untuk mengklaim garansi ke toko komputer tersebut.

Saya jelaskan masalah yang terjadi dan VGA saya tersebut akhirnya dikirim ke Jakarta (WPG Indonesia) untuk dilakukan pengecekkan dan klaim garansi. Di sini, ongkos kirim ditanggung oleh pihak toko (untuk tahun pertama).

Setelah menunggu kurang lebih selama 3 minggu, akhirnya saya menghubungi pihak toko dan ternyata VGA saya sudah sampai di toko komputer tersebut. Saya pun langsung bergegas berangkat ke toko komputer tersebut dan mengambil VGA saya.

Alhasil, VGA saya tersebut masih bermasalah. Pertama kalinya saya kecewa dengan toko komputer langganan saya ini, karena keterangan masalah pada VGA ditulis berbeda dari yang saya jelaskan saat melakukan klaim.

Pengalaman Klaim Garansi VGA di WPG Indonesia

Dari saat melakukan pengklaiman saya sudah sedikit risih, karena ditangani oleh orang yang bisa dikatakan cuek (pertama kali mendapatkan pelayanan seperti ini di toko komputer langganan saya ini).

Masalah Saat Klaim Garansi

Sebenarnya ini bukan kesalahan dari WPG, melainkan dari toko komputer langganan saya yang memberikan keterangan berbeda dari penjelasan saya saat melakukan klaim. Nah, akibat keterangan yang berbeda tersebut, saya rasa penanganan dari pihak teknisi WPG juga akan berbeda.

Karena disarankan untuk klaim kembali oleh toko komputer langganan saya tersebut, jadi saya putuskan untuk menghubungi WPG secara pribadi melalui Tokopedia dan diberikan kontak teknisi oleh admin WPG di Tokopedia.

Pengalaman Klaim Garansi VGA di WPG Indonesia

Pengalaman komplain dan klaim garansi pertama di WPG sangat memuaskan, dikarenakan customer service dan teknisinya sangat ramah.

Tidak hanya memaparkan masalah yang terjadi dengan penjelasan lewat chat, namun saya juga menyertakan video untuk memperjelas masalah yang terjadi pada VGA saya ini. Akhirnya WPG menyuruh untuk mengirim VGA saya ke Mangga Dua.

Pengalaman Klaim Garansi VGA di WPG Indonesia

Terakhir, untuk memperjelas masalah yang dialami, saya mengirim dokumen berbentuk .docx yang berisikan masalah VGA serta link video pengujian VGA yang sempat saya lakukan.

Menunggu Klaim Garansi VGA WPG Indonesia

Setelah menunggu proses klaim garansi VGA di WPG Indonesia selama kurang satu minggu, akhirnya VGA saya datang. Tidak hanya itu, serial number pada VGA saya tersebut berbeda dari yang sebelumnya.

Pengalaman Klaim Garansi VGA di WPG Indonesia

Karena masih tahun pertama, WPG mengganti baru unit VGA saya tersebut. Tentunya dengan senang hati akan membuatkan review pengalaman klaim garansi VGA di WPG Indonesia di blog dan channel saya nantinya.

Syarat Klaim Garansi di WPG Indonesia

Berikut adalah syarat klaim garansi dalam kasus saya (belum tentu sama untuk setiap produk):

  1. VGA masih dalam masa garansi, untuk tahun pertama masa garansi WPG akan memberikan ganti unit baru (dalam kasus saya).
  2. Segel atau stempel garansi tidak rusak.
  3. Bukan akibat human error.

Review Pelayanan

Karena VGA saya diganti baru, maka saya memberikan bintang lima untuk pelayanannya. WPG benar-benar menjamin produk dan memberikan rasa aman kepada saya ketika membeli produknya.

Dengan penanganan yang baik dari WPG seperti ini, mungkin tidak hanya saya saja yang akan merasa aman dan terjamin ketika membeli barang di WPG. Pasti banyak orang akan merasakan hal yang sama.

Pokoknya bintang lima untuk WPG Indonesia, proses cepat dan tidak bertele-tele. Packing saat pengembalian barang juga sangat rapi.

Penutup

Itulah pengalaman saya klaim garansi VGA di WPG Indonesia. Untuk pelayanan dan penanganan masalah klaim garansi, saya akui WPG Indonesia sangatlah baik. Saya harap kedepannya WPG Indonesia bisa mempertahankan pelayanan yang sangat baik ini, agar pelanggan tidak merasa kecewa nantinya.

Agus Kusuma
Agus Kusuma Seorang gamer dan part-time blogger. Menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Klaim Garansi VGA di WPG Indonesia"